Friday, June 18, 2010

Distro Kaos Plesetan on Foursquare


Setelah Facebook dan Twitter, kini muncul Social Media lain yang kelihatannya mau moncer, yakni foursquare, ini bukan microblogging tapi jejaring berbasis lokasi.
Pemakai Foursquare bisa berinteraksi dengan cara check-in di suatu lokasi dan kompetisi dalam hal badge, poin, dan menjadi Mayor.
Dengan melakukan check-in kita akan mendapatkan poin dan kita bisa melihat bagaimana urutan poin teman-teman kita yang lain.
Jika kita sudah memenuhi beberapa syarat, misalnya sudah melakukan check-in di 10 tempat maka kita bisa unlock Adventurerbadge.
Ada banyak badge yang bisa di-unlock, sehingga bisa menjadi motivasi pengguna untuk terus check-in di banyak tempat. Jika kita adalah orang yang paling sering check-in di satu tempat tertentu, maka otomatis kita akan menjadi Mayor di tempat tersebut.
Dengan demikian, kalau kita membuat lokasi peta atau tempat bisnis kita misalnya seperti yang saya lakukan adalah menaruh peta Adaideaja Corp (Adaideaja Tbk di Foursquare) maka orang yang mau datang dan check-in dapat dengan mudah melihatnya.
Sehingga penggunaaan Foursquare (4SQ) untuk berbisnis adalah menunjukkan kepada khalayak umum lokasi bisnis kita.

Program Reward
Kita dapat memberikan reard bagi mereka yg check-in di lokasi kita, baik secara online maupun offline. Hal ini tentu menjadi promosi dengan budget minimal.

Berburu Mayor
Seperti Head Hunter, kita berburu orang yang rajin berkunjung ke suatu daerah, maka itulah saat yang tepat untuk mempromosikan lokasi kita, meminta mayor tersebut (tentu dengan memberikan reward) untuk menjadi mayor di tempat kita juga.

yang dilakukan pengunjung atau 4SQ user adalah:
Check in, Shout, dan Tips

Check in itu datang ke lokasi, misalnya ada orang check in ke Adaideaja Tbk, lalu dia pindah ke Bandara Adi Sumarmo, Solo, maka itulah check-in.
Bila lokasi tersebut telah terdaftar di place, Anda bisa langsung check in.
Yang Check-in biasanya nge-Shout, seperti update status di Twitter. Jadi Anda bisa memilih, sekedar check in, shout, atau check in sekaligus shout.
pengunjuung juga bisa meninggalkan Tips.
Nah yang perlu diperhatikan adalah Tips. selain Shout pengunjung juga bisa Nge-Tips, artinya komentar sekaligus rekomendasi, misal tips seperti
@Adaideaja Tbk: kaos plesetannya lucu banget..
nah, temen yg ngliat jadi bisa tertarik datang kan..

begitulah peran Sosial Media yang semakin beragam saja,
Semoga Mengharukan

Wahyu Liz Adaideaja

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment